10/14/2015

tips, cara menulis dan menciptakan lagu


        lagu emang udah jadi bagian dari hidup kita, tiap hari dimanapun kita berada sering kita jumpai berbagai lagu, musik bahkan hanya sekedar nada-nada abstrak dari instrumen alam,  pernah gak kalian lagi jalan-jalan terus ndengerin suara dari klakson atau suara knalpot mobil yang kadang menjadi instrumen nada yang bisa ditangkap oleh kalian.?
         yups, aneh emang tapi that's real beibeh.!!! lagu gak terbatas oleh nada yang berupa mp3 atau live musik aja, semua suara bisa kita anggap lagu, tapi dibutuhkan imajinasi yang tinggi oleh diri kita dan nilai seni yang  tinggi pula(tsaaaah. .. .gaya loeee)
naaaaah. . . . aku percaya bahwa semua orang punya nilai seni, semua orang punya tingkat kreativitas yang pastinya mampu diasah, disini saya gak akan ngasih tau cara bikin atau tahapan-tahapan untuk menulis lagu karena lagu sendiri tidak ada prosedur paten untuk menciptakanya alias serba wuuusssss lewat gitu aja tuh ideee, tapi saya akan berusaha memberi tips untuk mendukung saudara sekalian untuk bisa memaksimalkan potensi yang agan punya , berikut langsung di cekidot ajah =


1. MOOD
    tulis lagu agan dari hati, dari apa yang agan rasain, karena ada pepatah mengatakan, jangna makan kalo lagi ngantuk, dan jangan tidur kalo lagi laper(busyeeet dah pepatah mana tuuuh, hehehehe..)
intinya kalo agan lagi down, itu waktu terbaik untuk bikin lagu don dan akalo agan lagi up aitu waktu terbaik untuk agan bikin lagu happy..
tapi jangan terlalu khawatir karena mood sendiri dapat agan olah, mood dapat diciptakan karena kita diberkahi rasa simpati dan empati terhadap apa yang terjadi di hidup kita, bisa aja kalo ada temen yang lagi down karena permasalahan hidup kita ndengerin kisahnya dan turut ngerasain apa yang dia rasa jadi mood kita pun akan terbentuk, tapi jangan terlalu maksain untuk berempati ya gan karena apapun yang dipaksain hasilnya juga gak bagus..

2. CIPTAKAN SUASANA YANG MENDUKUNG
     kalau mood tadi sifatnya dari dalam diri nah berikut ini sifatnya dari lingkungan atau faktor eksternal, jadi kalau agan pengen nulis lagu hip hop ya jangan di tempat yang lagi berduka, ciptakan di tempat yang ndukung atau bisa juga di tempat yang suasanya nyaman dan selaras dengan lagu agan, semisal di pagi hari agan bangun tidur ambil gitar lalu nyari nada lagu atau nulis lagu ditemani dengan segelas kopi atau teh, nyaman banget kan tuh, jauh lebih nyaman daripada saat agan di kantor lagi banyak kerjaan, hehehe..

3. TANGKAP SEMUA IDE KAPANPUN DIMANAPUN
     naaaah ini nih yang kadang dimubajirin sama orang-orang, kadang saat kita lagi di jalan atau bahkan dimana suasana lagi gak mendukung justru kita mendapat inspirasi, yang harus agan lakukan adalah rekam dan catat.!!! meski cuma sebait lyric atau sedikit nada, catat aja dulu, entar kan kalo mau nambahin sisanya bisa saat kita dapet suasana yang nyaman, kesempatan kadang gak datang dua kali gan, nggak diduga duga..

4. PILIH LIRIK YANG PAS
    saat kita udah punya nada dan liriknya, cek lagi kemantapan lirik agan, usahakan liriknya unik, penuh makna dan mendukung feel yang didapat saat orang dengerin lagunya, jadi kalo nadanya sedih atau bahagia usahain liriknya sesuai ama nadanya, jadi nadanya nusuk liriknya pun nombak hahaha (mati dah tuh yang dengerin lagu..

5. CARI TOPIK UTAMA DARI LAGU ANDA
    kalo lagu agan udah mulai terbentuk lyric dan nadanya nah agan harus tau apa sih yang mau agan sampaikan ke pendengar dari lagu agan, misalnya agan pengen pendengar tau kalo aga lagi kandas bin rataaak(seakan dunia runtuh) nah agan lakukan penekanan di nada atau lyricnya yang bisa nyiptain feel tersebut, agar lagu agan tidak terkesan kosong.
cara yang paling mudah adalah dengan memaksimalkan reef, jadi di reef nya ciptakan nada yang lain dari intro bridge dan nada sebelumnya, pilih juga lirik yang paling utama untuk ditaruh di reef karena nyawa lagu kebanyakan ada di reef nya.

6. MULAI TAMBAHKAN ARRANSEMEN MUSIK
    untuk yang satu ini, bisa disesuaikan dengan selera agan, mulailah menambahkan arransemen musik dari alat musik umum seperti gitar, piano dan lain2, terserah agan tapi usahakan aransemen alat musiknya mendukung lagu agan ya, untuk lebih jelasnya bisa agan konsultasiin sama kerabat atau relasi agan yang handal bermain musik biar dibantu untuk masukin arransemenya..
atau kalaupun agan pengen otodidak juga boleh, banyak-banyak lah ndengerin musik-musik yang sudah ngehits untuk mencari tau instrumen apa aja yang dipake untuk genre lagu yang sama..

7. REKAM
    naaah kalo lagu udah jadi, aransemen udah mantap, jangan lupa rekam..
bisa agan rekam di gadged sebagai file record voice atau video record

8. GUNAKAN
    tentunya agan memiliki maksud dibalik menciptakan lagu itu, banyak tujuan terntentu, apapun tujuanya, nikmati lagu agan, dengarkan ke temen2, bisa agan buat untuk ngerayu cewek(hehehe) atau ngungkapin perasaan agan terhasap seseorang, atau bisa ddijadikan format mp3 lalu dijual sebagai perangkat digital atau dikomersilkan untuk dijual pada para musisi..

sekian dulu info mengenai tips dan cara menulis lagu dari saya, erdi hartono..
maaf kalo kata yang saya gunakan terkesan gak baku karena saya harap bisa dekat dengan agan dan nyampein dengan santai binti woles hehehe..
SALKOSA(salam kopi santai)

1 komentar: